31 December 2014

Jasa Penyusunan Laporan Keuangan

Jasa layanan kami mencakup jasa penyusunan laporan keuangan untuk seluruh kategori usaha kecil dan menengah baik berbadan usaha seperti koperasi, usaha dagang, firma, commanditer maupun usaha perorangan.
Produk laporan keuangan yang kami sajikan kepada klien adalah laporan keuangan standar yang secara umum disajikan sesuai Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang berlaku di Indonesia sebagai sumber informasi pengambilan keputusan usaha seperti :

Neraca (Balance Sheet)
Laporan keuangan ini disusun dan disajikan untuk mengetahui posisi harta (asset), hutang (liabilities) dan modal (equitas) usaha pada saat periode tertentu. Neraca biasanya disajikan untuk  satu siklus usaha atau per tanggal 31 Desember setiap tahun.


Laba Rugi (Income Statement/Profit and Loss)
Laporan keuangan ini disusun untuk mengetahui kinerja usaha selama satu periode usaha. Laba Rugi biasa disebut sebagai alat untuk mengukur seberapa besar kemampuan perusahaan dalam mengumpulkan laba usaha. Dari laporan keuangan ini, maka manajemen atau pemilik usaha akan mengetahui berapa besar jumlah keuntungan atau kerugian yang dialaminya dalam satu periode.

Laporan Perubahan Modal  (Statement of Equity Changes)
Penyusunan Laporan ini penting untuk mengetahui berapa besar pertumbuhan modal dari transaksi operasi perusahaan selama satu periode. Terkadan pemilik hanya mengetahui jumlah penjualannya selama satu periode namun dia tidak mengetahui seberapa besar pertumbuhan modalnya dibanding pertumbuhan assetnya. Untuk itulah laporan ini disusun agar pemilik mengetahui posisi modal (equitas) yang dimilikinya pada periode tertentu.

Laporan Arus Kas (Cash Flow Statement)
Laporan arus kas disajikan untuk mengetahui berapa besar arus kas yang keluar dari transaksi bisnis perusahaan dan berapa pula yang masuk kedalam perusahaan. Tidak hanya dari sisi operasional normal, laporan ini membagi arus kas kedalam tiga kategori yakni, arus kas dari transaksi operasional perusahaan, arus kas dari transaksi pendanaan (financing) dan arus kas dari transaksi investasi perusahaan.