30 December 2014

Layanan Audit Internal

Disamping menyediakan jasa penyusunan laporan keuangan perusahaan, tim kami juga menyediakan jasa audit internal untuk perusahaan-perusahaan dengan skala usaha kecil dan menengah. Jasa audit internal kami meliputi aspek sebagai berikut :

Pemeriksaan Umum (reguler audit).
Pemeriksaan ini mencakup beberapa hal seperti adanya keinginan pemilik usaha (owner) untuk mendapatkan informasi tentang masalah-masalah yang terjadi pada perusahaannya dan untuk mendapatkan solusi efektif agar masalah tersebut dapat diatasi dan tidak terulang kembali. Pemeriksaan ini bisa dilakukan untuk satu periode operasi normal saja, ataupun dilakukan setiap akhir periode usaha.


Pemeriksaan Manajemen (operational audit)
Pemeriksaan ini mencakup adanya keinginan pemilik usaha (owner) untuk mendapatkan informasi tentang masalah yang terjadi pada lingkup operasional termasuk juga mekanisme dan prosedur pengambilan keputusan yang dilakukan manajemen terhadap suatu keputusan penting dan alasan mengapa keputusan itu diambil yang dapat ditinjau dari beberapa aspek risiko dan benefit yang diperoleh dari keputusan yang diambil oleh manajemen.

Pemeriksaan Khusus (special audit)
Pemeriksaan ini adalah ditujukan untuk mengetahui adanya masalah khusus (tertentu) yang dialami oleh perusahaan dan menjadi sorotan banyak pihak terkait kecurigaan yang ditujukan kepada pihak manajemen (perusahaan). Masalah khusus (tertentu) ini bisa memiliki dampak kerugian finansial, reputasi dan potensi kecurangan (fraud).

Pemeriksaan Investigasi (investigative audit)
Pemeriksaan ini ditujukan untuk mendalami masalah-masalah yang memiliki indikasi terjadinya tindak pidana kecurangan yang dilakukan oleh pihak internal terhadap perusahaan dan atau yang melibatkan pihak perusahaan. Konspirasi yang dilakukan oleh pihak internal perusahaan dan external bisa mengakibatkan kerugian finansial dan reputasi perusahaan bahkan dapat menghancurkan bisnis perusahaan Anda.