30 December 2013

5 Tips Menghindari Kejahatan Di Dunia Maya

Kejahatan di dunia maya (online)  adalah aktifitas kejahatan yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan
internet, misalnya, penipuan secara online, pencurian informasi, penipuan lewat email. Para pelaku penculikan dan pemerkosaan saat ini juga sudah menggunakan internet dan interaksi di media sosial sebagai pintu masuk untuk menjerat korbannya.
Untuk menghindari kejahatan yang mungkin bisa menimpa pengguna internet, berikut 5 tips yang dapat Anda lakukan  :

1.    Lindungi “Email” dan “Akun” di Media Sosial

Aktifitas dan interaksi di internet selalu berhubungan dengan akun “email” sehingga banyak celah kejahatan yang bisa masuk melalui ‘email’. Pilihlah layanan ‘email’ yang menyediakan prosedur lebih ketat agar email yang dibuat lebih aman. Selain itu, lindungi email Anda dan akun media sosial dengan
kata kunci yang panjang dan kombinasi angka dan huruf.  Selalu waspadai kiriman pesan, khususnya yang menawarkan hadiah dengan cara yang mudah.

2.    Jangan Klik Sembarang
Hindari tautan mencurigakan yang dikirimkan oleh teman lewat jejaring sosial atau seseorang yang belum tentu Anda kenal. Bisa jadi, “link” tersebut berisikan virus yang merugikan atau justru mengarahkan ke situs palsu.

3.    Waspadai “Phising Site”
Phising merupakan kegiatan yang memancing pemakain internet agar mau memberkan data pribadi. Situs palsu yang digunakan untuk kejahatan seperti ini mempunyai alamat dan tampilan mirip aslinya, misalnya situs penyedia layanan “internet banking”. Penjahat tidak hanya mengincar identitas, tetapi juga nomor kartu kredit calon korban. Sebelum beraktifitas di situs tertentu , pastikan alamat yang Anda tuju sama dengan yang diberikan oleh pihak bank.

4.    Berhati-Hati Saat Melakukan Transaksi Online
Pada dasarnya segala penipuan di dunia maya adalah untuk mengeruk keuntungan pribadi dan motif ekonomi. Kejahatan dalam bentuk  “jual-beli online” dilakukan lewat Facebook ataupun situs jual beli lainnya, seperti Berniaga.com, Kaskus, atau Toko Bagus.com. Waspadai harga yang terlalu murah, negosiasi yang terlalu mudah atau adanya perbedaan adantara nama penjual dan pemilik rekening.

5.    Hati-Hati Memilih Teman

Pada situs sosialita aktifitas pertemanan sering dilakukan dari mengundang (invite) atau permintaan. Agar lebih aman, Anda bisa membiasakan dari bertanya ke teman dekat sebelum menerima permintaan pertemanan dari seseorang. Untuk lebih mengenal beberapa kejahatan yang pernah terjadi di situs sosialita anda dapat membaca kembali postingan saya sebelumnya tentang beberapa modus kejahatan melalui Facebook.