15 September 2014

7 Cara Praktis Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Rasa percaya diri sangat dibutuhkan jika kita ingin sukses di segala bidang. Sebagai pelajar, mahasiswa, karyawan atau apapun profesi kita jika memiliki rasa percaya diri yang kuat akan membantu kita menemukan jalan kesuksesan. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan rasa percaya diri. Bahkan, hal itu harus dilakukan dalam situasi yang tidak terduga.
Misalnya, secara tiba-tiba Anda sedang dihadapkan pada sebuah pertemuan yang amat penting sehingga mengharuskan munculnya rasa percaya diri untuk menghadapinya.
Orang yang punya rasa percaya diri yang kuat akan berani muncul dalam setiap moment dan kesempatan sehingga orang lain melihatnya sebagai suatu nilai tambah dan Anda akan lebih dihargai-bukan sekedar ada, tetapi tidak dianggap.

Berikut ini adalah 7 cara praktis bagaimana menumbuhkan rasa percaya diri Anda: Tersenyum
Tersenyum merupakan tips kilat apabila tiba-tiba Anda merasa gugup dan kehilangan rasa percaya diri. Pada situasi seperti ini, senyum menjadi sesuatu yang paling Anda butuhkan. Tersenyum tidak hanya dilakukan pada saat senang namun juga dapat membantu diri Anda merasa lebih baik.
Tersenyum berhubungan langsung dengan perasaan positif. Dengan tersenyum maka Anda telah melepaskan hormon endorphin yang berguna untuk memperbaiki perasaan, meningkatkan sirkulasi darah di wajah, serta membuat perasaan lebih nyaman. Oleh sebab itu tersenyum sangat berguna untuk menciptakan rasa percaya diri Anda.

Tatap Mata Lawan Bicara Anda
Sama halnya dengan tersenyum, menatap mata semua orang yang berada di dalam ruangan. Pastikan mereka menerima senyum terbaik dan membalas senyuman Anda-karena senyum mereka membantu Anda meningkatkan rasa percaya diri.
Menatap mata lawan bicara sama pentingnya dengan memberikan senyum terbaik. Apabila tatapan Anda justru ke ujung meja atau sepatu lawan bicara, dapat dipastikan saat itu juga perasaan ragu-ragu  dan malu  menyelimuti Anda. Akibatnya, kepercayaan diri Anda pun semakin berantakan. Kontak mata dapat membantu menghilangkan rasa takut saat Anda bicara. Jika Anda susah menatap mata nya cukup tatap alisnya.

Bicaralah Secara Perlahan
Berbicara terlalu cepat akan menghadapkan Anda pada situasi yang sering kali membuat tidak nyaman. Oleh karena itu, belajarlah untuk berbicara perlahan.  Karena itu dapat membantu Anda memikirkan kata-kata selanjutnya.
Berbicara perlahan sangat berguna untuk menunjukkan bahwa Anda sedang percaya diri. Pada umumnya seorang yang berbicara cepat merasa bahwa sesuatu yang dikatakannya tidak untuk didengarkan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk belajar berbicara secara perlahan.

Buat Standar Untuk Diri Sendiri
Terlepas dari situasi yang menyebabkan krisis rasa percaya diri,  Anda bisa membantu diri sendiri dengan meciptakan standar yang berbeda dibanding orang lain. Patut diingat bahwa setiap orang memiliki standarnya masing-masing. Sekeras apapun Anda berusaha memuaskan orang lain, tetap saja mereka tidak pernah puas terhadap keberadaan diri Anda.

Berdoa Sejenak
Jangan lupa meluangkan waktu berdoa kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa sesuai keyakinan Anda.  Hal itu sangat membantu Anda memperlambat tempo dari situasi yang serbacepat dan terburu-buru. Selain itu, berdoa sangat berguna untuk menenangkan diri Anda.

Tampil Serapi Mungkin
Meskipun Anda memiliki waktu yang sangat terbatas , sempatkan pergi ke kamar kecil  untuk memastikan bahwa Anda telah berpenampilan rapi. Sebab penampilan rapi berhubungan dengan rasa percaya. Jika Anda berpenampilan rapi orang lain akan memandang kagum Anda dan memberikan pujian. Nah pujian inilah yang akan mampu membangkitkan rasa percaya diri Anda. Penampilan sangat menentukan ekspresi orang lain terhadap keberadaan diri Anda.

Reka Ulang
Jika Anda dihadapkan pada situasi di luar perencanaan atau tak terduga-seperti datang terlambat, menumpahkan minuman di tempat pesta dan sebagainya, maka langkah yang paling tepat adalah merekonstruksi ulang kejadian tadi. Setelah itu, tempatkan diri Anda pada situasi yang lebih positif. Pandanglah kejadian itu sebagai sesuatu yang lumrah yang pasti bisa terjadi pada orang lain juga.

Ayo apalagi, munculkan rasa percaya diri Anda. Jika artikel ini bermanfaat mohon sebarkan kepada teman Anda