18 September 2014

Bagaimana Cara Mengenali Potensi Diri


Orang sukses adalah orang dapat yang mengenali dirinya sendiri. Banyak orang yang gagal dalam hidup karena tidak mengenal dirinya sendiri. Padahal, dengan mengenal diri sendiri, Anda akan mengetahui kelebihan, kemampuan, potensi dan kekurangan diri. Sehingga Anda dapat memetakan secara strategis dimana potensi diri bisa digali dan dikembangkan. Disamping itu, kelebihan diri akan menjadi pemacu rasa percaya diri dan kekurangan diri dapat ditutupi bahkan diperbaiki secara perlahan.
Jika Anda dapat melihat kelemahan diri sendiri, maka Anda dapat berbenah diri untuk meraih prestasi dan kemajuan bagi pengembangan karir. Dengan mengenal diri maka kita akan mampu membuat pilihan-pilihan secara jelas, obyektif

dan terukur sehingga menjadikan pribadi yang lebih baik dalam mengambil keputusan dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

Selanjutnya bagaimana cara untuk mengenali potensi yang mengendap dalam diri Anda ? Berikut ini adalah 5 tips bagaimana mengenali potensi diri:


Renungkan Keberadaan Diri

Mari sejenak kita renungkan keberadaan diri kita saat ini. Dari mana Anda, sedang apa dan kemana tujuan hidup Anda. Dengan begitu kita dapat menguraikan secara jelas tujuan hidup kita, apa yang kita miliki saat ini dan bagaimana cara meraih tujuan kita. Lakukan pemetaan terhadap 3 kondisi ini, maka kita akan dapat menguraikan secara jelas kekuatan diri, potensi diri, dan kelemahan diri. Sedikit demi sedikit maka potensi akan mudah kita gali, kelemahan akan tertutupi dan kekuatan diri menjadi lebih bertambah sehingga bisa menjadi senjata untuk mencapai tujuan dan cita-cita hidup.


Buatlah Daftar Kesukaan

Buat lah semacam daftar yang menguraikan hal-hal yang Anda sukai dan yang tidak Anda sukai. Ini akan menjadi petunjuk kemana arah potensi diri Anda sehingga hal yang Anda sukai dapat dikembangkan sedangkan hal yang tidak Anda sukai dapat Anda tinggalkan. Sehingga arah tujuan hidup Anda menjadi jelas dan energy yang Anda keluarkan untuk meraih cita-cita tidak sia-sia.

Catatlah Ketrampilan Yang Dimiliki
Dengan mengetahui hal-hal yang menjadi kesukaan Anda, misalnya menulis, maka kesukaan itu bisa menjadi ketrampilan. Banyak orang yang memiliki kesukaan (hobi) mengumpulkan barang-barang seni, berakhir sukses menjadi seorang pengusaha barang seni. Banyak orang yang sejak kecil menyukai menulis dan berhasil menjadi pengusaha media yang sukses. Kenalilah keterampilan Anda yang cocok dan bisa Anda lakukan. Lakukan inventarisasi atas ketrampilan yang Anda miliki. Jika Anda memiliki beberapa keterampilan maka fokuskan pada satu atau dua keterampilan saja.


Tuliskan Asumsi Bakat Yang Dimiliki

Bakat adalah kemampuan bawaan sejak lahir dalam diri manusia yang dimiliki tanpa melalui proses pembelajaran. Bakat ini dapat mudah dikenali oleh orang lain tapi jarang diketahui diri sendiri karena bakat biasanya susah untuk dikenali jika tidak direnungkan. Salah satu contoh bakat adalah bernyanyi, berorasi dan atau memimpin. Dengan bakat yang dimiliki manusia bisa mengekspresikannya dalam bentuk aktifitas yang bernilai guna, seperti mengikuti organisasi di sekolah, kampus dan lingkungan masyarakat.


Kenali Keunikan Diri

Setiap pribadi adalah unik yang membedakan mereka dari orang lain. Meskipun dua orang bersaudara kembar mereka tetap menjadi pribadi yang unik meskipun secara fisik memiliki kesamaan wajah. Sehingga setiap individu pasti memiliki keunikan tersendiri. Hal ini sulit kita rasakan dan kenali jika kita tidak menggalinya secara sungguh. Keunikan diri dapat bernilai positif atau negatif dimata orang lain. Kenalilah keunikan diri agar muncul perasaan empati terhadap orang lain dan peduli dengan lingkungan sekitar. Untuk membangun rasa percaya diri Anda dapat membaca artikel kami 7 Cara Praktis Menumbuhkan Rasa Percaya Diri